7 CMS Terbaik Untuk Website Anda 2022

cms terbaik untuk website anda

CMS terbaik untuk website – Apa Anda ingin membuat web professional tapimasih pemula dalam bahasa pemrograman website? Tenang saja, kami akan memberi jalan keluar terbaik untuk Anda agar dapat mempunyai web professional tanpa perlu mengusai pemrograman situs. Anda dapat memakai CMS terbaik yang ada sekarang ini.

Nach pada ulasan kali ini kami akan membahas mengenai platform CMS terbaik yang kerap dipakai oleh beberapa perusahaan besar untuk situsnya.

Sebuah basis dapat dikatakan sebagai CMS terbaik bisa dilihat pada beberapa hal. Baik itu dari reputasinya, berapa besar pemakainya di internet, komunitasnya dan sebagainya.

Bila bicara mengenai CMS, maka ada beberapa puluh platform yang ada di internet. Banyaknya jumlah opsi ini pasti memusingkan buat beberapa pemula untuk tentukan mana yang terbaik.

Sampai saat ini CMS jadi basis yang mempunyai peran penting di dunia tehnologi dan informasi khususnya di dunia web. Bahkan juga diprediksi lebih dari 50% web di penjuru dunia sudah memakai atau membuat webnya dengan CMS.

Apa itu CMS ?

CMS ialah program Sistem Management Content yang memungkinkannya Anda untuk mempublish dan mengurus content situs secara intuitif. Sebagai contoh, kira saja CMS sebagai teks editor (misalkan Notepad atau TextEdit) yang dipakai untuk mempublish artikel langsung ke web Anda.

Pemisalan di atas sebagai hal paling fundamental mengenai CMS. Walau sudah pasti, CMS masa kini menawarkan yang semakin banyak dari sekedar mempublikasikan content. Beragam basis sistem management content mempermudah Anda untuk mengindeks content, menggantinya, memformatnya memakai editor visual, dan ada banyak kembali.

Kadang kita kebingungan membandingkan mana CMS dan mana web builder. Web builder sebagai tool yang menolong Anda membuat web tak perlu kuasai bahasa pemrograman dan pengetahuan tehnis yang lain. Umumnya, tool ini menyediakan akses ke editor visual drag-and-drop. Namun, web builder dipandang lebih simpel karena mempunyai pilihan penyesuaian yang tidak banyak dan sedikit kendalian pada langkah setting web.

Sedangkan di lain sisi, pemakai dahulunya kerap kesulitan memutuskan mana CMS web terbaik dan untuk memakainya juga tidak mengharuskan Anda harus ketahui bahasa pemrograman. Namun, sekarang ini, beberapa CMS terbaik dan dipilih telah diperlengkapi dengan beberapa tool untuk membuat desain dan membuat web kekinian.

Pada intinya CMS ialah jalan keluar satu cara dalam pembikinan web dan pengendalian content didalamnya. Disamping itu, bergantung pada CMS yang dipakai, Anda akan memperoleh beragam feature tambahan yang dapat dipakai untuk meng-install ‘plugin’ atau ‘ekstensi’. Ini, sudah pasti, akan kami ulas dengan singkat.

 

Kriteria CMS Terbaik untuk Website

Berdasar teori, Anda sudah memahami berkenaan apakah itu CMS dan manfaat dan perannya. Namun, Anda pun memerlukan info berkaitan persyaratan apa yang perlu dipunyai satu CMS. Berikut beberapa kriteria yang seharusnya Anda pahami:

Keringanan dalam mempublish content baru.
CMS berkualitas apapun jelas tawarkan editor yang hebat dan sejumlah pilihan untuk pastikan supaya content dan penampilannya menarik.

Mempunyai pilihan taksonomi content.
Makin bertambah content yang dipunyai web, karena itu makin penting juga Anda harus melindungi agar seluruhnya teratur dan masih tetap pada tempatnya. Karena itu, CMS harus memungkinkan Anda untuk membikin kelompok, assign tags ke artikel, dan lain-lain.

Fungsionalitas mengubah atau mempersunting halaman.
Berdasar pengalaman kami, basis CMS terbaik benar-benar gampang untuk dikonfigurasi. Ini memiliki arti, dengan CMS itu, Anda dapat menambah sebagian besar feature yang diharapkan. Akhirnya, kemauan membuat web yang menawan dan professional bisa diwujudkan.

Baca Juga   6+ CMS Terbaik dan Paling Populer untuk Membuat Website

Komunitas yang kompak.
CMS dengan komune yang aktif mengisyaratkan jika sistem management content itu akan terus-terusan diperbaharui. Dengan begitu, CMS yang diputuskan dan web yang dibikin selalu up-to-date. Juga bila mendapat masalah, beberapa orang dalam komunitas siap menolong Anda untuk menanganinya.

Ke-5 hal di atas sebagai beberapa hal khusus yang pantas untuk diperhitungkan saat menentukan CMS web terbaik. Selain itu, CMS web terbaik bervariatif dalam soal feature dan type project yang tepat.

Seterusnya, kami akan mengulas beberapa basis CMS terbaik menurut kami. Kami akan menguraikan keunikan, kelebihan, dan kekurangan CMS dan membantu Anda memutuskan CMS mana yang terbaik.

 

7 CMS Terbaik di Tahun 2022

Kami sudah pilih beberapa CMS terbaik untuk Anda. Walau berkesan banyak, semua mempunyai satu kemiripan: open source dan dapat diinstal. Anda tidak perlu mengambil satu demi satu software CMS untuk dicoba. Sebab akan kami jelaskan CMS mana yang tepat untuk bakal website Anda.

Berikut 7 CMS web terbaik yang bisa didapat dengan gratis:

 

1. WordPress
Sampai sekarang ini WordPress benar-benar terkenal yang pasti Anda pernah dengar nama salah satu CMS terbaik ini. Karena besarnya pemakai content management sistem WordPress ini hingga menjadikan yang paling atas dari CMS yang lain. Dahulu sebelumnya memang platform ini di alokasi untuk blogging tetapi seiring waktu berjalan saat ini wordpress menjadi basis yang tawarkan banyak keunggulan dari modifikasi, plugin, ada topik yang lengkap dan Anda bebas ingin melakukan modifikasi sesenang hati untuk keperluan web Anda.

Manfaat dari WordPress benar-benar fleksibel dan gampang untuk membikin beragam tipe web dari online shop, website, web perusahaan dan sebagainya. Yang memikat ialah WordPress ini tawarkan beragam jenis tool dan template dengan gratis yang dapat Anda pakai tak perlu bayar atau berlangganan lebih dulu.

Software open source yang maknanya semuanya orang pemakai dapat bebas dan ikut untuk melakukan modifikasi, meningkatkan, dan berperan dalam peningkatan versi terbaru.

 

2. Joomla
Pada urutan ke-2 dihuni oleh Joomla sebagai basis CMS dengan pemakai yang lumayan banyak sampai sekarang ini. Walau bila disaksikan dari langkah mengelolanya yang tidak segampang saat memakai WordPress tetapi Joomla jadi basis yang lebih fleksibel dipakai. Bila Anda ingin membuat web online shop maka Joomla jadi alternative terbaik untuk membikin web itu. Karena Joomla memungkinkan Anda untuk dapat “kustom post tipe” yakni yang tidak fokus dengan content text jadi lebih gampang untuk mengurus online shop Anda. Untuk instalasi gampang seperti WordPress hanya click dan instal automatis Anda langsung akan mempunyai web.

 

3. Magento

Magento sebagai CMS yang ditarget untuk pemakai yang ingin membuat website pemasaran dan online shop. Magento pertama kalinya dikeluarkan di tahun 31 Maret 2008 dan diatur oleh Magento Inc. Untuk menambah feature – feature pada web yang memakai Magento, ada perpanjangan yang dapat digunakan untuk menambahkan beberapa feature tambahan yang diperlukan dan mekanisme pembayaran yang dilayani pada online shop.

Pasar share : 2,3%

Web aktif : 233,056

Situs terkenal : Land Rover, Bulgari, G2A, Kinguin, YMEUniverse

 

4. Shopify
Shopify sebagai CMS yang sekarang ini sedang mulai tumbuh dan memperoleh banyak animo. Shopify sebagai e-commerce dari Kanada mengawali meningkatkan produknya sekitaran tahun 2013. CMS ini dipandang lebih gampang dan komplet dengan feature yang dijajakan seperti penampilan, hosting, management produk, tool-tool pemasaran, feature pengangkutan barang dan beragam sistem pembayaran. Sayang CMS ini berbayar hingga pemakai harus ikhlas keluarkan dana lebih buat memakai CMS premium ini.

Baca Juga   Apa Itu Metaverse? Mengenal Lebih Dalam Tentang Metaverse

Pemakai dapat coba sepanjang 14 hari bila ingin rasakan bagaimana service Shopify saat sebelum lakukan pembelian. Walau masih baru sekarang ini telah banyak tutorial yang dapat dipakai untuk memakai CMS ini, tetapi umumnya masih berbahasa inggris.

Sekarang ini telah ada 742,441 web aktif yang memakai Shopify dan semakin meningkat dan sekitaran 1,251,722 memakainya sejauh ini.

Pasar share : 2,1%

Web aktif : 742,441

Situs terkenal : WaterAid, The Economist, Sunday Somewhere, Penguin Books

 

5. Drupal
Meskipun Drupal tidak terkenal seperti WordPress dan Joomla tetapi CMS ini bisa menjadi pertimbangan untuk dipakai membuat web profesional. Seperti WordPress, Drupal tawarkan beragam jenis feature gratis yang dapat dipakai seperti plugin dan lain-lain yang siap Anda pakai. Disamping itu untuk instalasi mempunyai kemiripan yakni click dan instal tetapi untuk menjalankannya yang harus memiliki pengetahuan lebih dalam dalam mengurus CMS ini.

 

6. Typo3
Sejauh ini kita cuma tahu WordPress, Joomla, atau Drupal sebagai basis CMS yang terbanyak dipakai. Walau sebenarnya di luaran sana, masih tetap ada CMS yang reputasinya tidak semasif ‘the big three’. Kepopuleran yang tidak berapa bukan jadi parameter jika CMS begitu tidak layak untuk dipunyai. CMS yang tidak demikian terkenal itu dianggap lebih detil dan mengarah situs-situs tertentu.

Typo3, misalkan, ialah CMS dengan skalabilitas sebagai point intinya. Tidaklah aneh bila basis ini diperuntukkan untuk web pada tingkat enterprise. Sebagai contoh, bila Anda ingin membuat intranet dengan manfaatkan CMS, karena itu Typo3 ialah sistem management content yang paling tepat.

Jika bicara masalah keringanan, di satu segi, Typo3 bukan CMS yang paling awal ada pada daftar. Berdasar pengalaman kami, CMS ini lebih pas untuk pemakai yang telah mempunyai kemampuan dan keahlian di bagian peningkatan situs. Typo3 benar-benar bukan CMS yang pas untuk webiste yang kecil dan simpel.

Typo3 mempunyai beberapa kumpulan feature apik, terhitung kontribusi multibahasa. CMS ini juga memungkinkan Anda untuk jalankan beragam situs cuma dari 1 instalasi saja. Dengan ini, waktu Anda tidak kebuang percuma.

Keunggulan Khusus:

Opsi terbaik untuk situs tingkat enterprise.
Sanggup mengurus web multibahasa.
Mempermudah Anda untuk mengurus beragam situs cuma dari 1 instalasi saja.
Memungkinkannya pembagian data dan tool antara beberapa web Anda.

Bila Anda akan mengurus beberapa website yang ada pada sebuah ‘atap’, karena itu Typo3 ialah CMS terbaik. Dengan basis ini, Anda dapat share template, perpanjangan, serta pemakai antara beberapa situs yang dipunyai. Keunggulan ini belum pasti dipunyai oleh basis CMS yang lain.

 

7. PrestaShop
CMS terbaik untuk website Anda yang terakhir adalah Prestashop. PrestaShop sendiri ialah Basis CMS open source yang di khususkan pada web eCommerce. Dengan CMS yang ini akan mempermudah Anda saat membuat dan mengurus web online shop. Semua feature keperluan untuk online shop telah disiapkan dan Anda langsung bisa memakainya.

 

Kesimpulan

Content Managemen Sistem (CMS) sebagai mekanisme yang paling terkenal dipakai oleh pemakai untuk membuat situsnya. Selainnya memberi keringanan yang tidak membutuhkan keahlihan khusus, CMS bisa juga dicoba secara gratis walau ada pula yang berbayar. Service CMS gratis telah banyak memiliki feature yang dapat digunakan tanpa perlu keluarkan dana lebih buat membuat website.

Minimal ada tujuh CMS terbaik yang saat ini lebih banyak dipakai di dunia, seperti WordPress, Joomla, Magento, Drupal, Typo3, Prestashop dan pendatang baru Shopify. WordPress s/d sekarang ini masih jadi CMS yang paling terkenal di penjuru dunia. Bahkan saat jumlah pemakai dari 7 CMS tidak dapat menyaingi besarnya pemakai WordPress sekarang ini.

Demikian artikel tentang CMS terbaik untuk website anda sepanjang satu tahun akhir ini. Mudah-mudahan bermanfaat.