Apa Itu Metaverse? Mengenal Lebih Dalam Tentang Metaverse

apa itu metaverse?

apa itu metaverse? – Saat ini, metaverse adalah topik yang ramai dibicarakan oleh pakar IT, ekonomi usaha, sampai pemasaran. Bagaimana tidak? Dunia virtual ini digadang-gadang bisa menjadi gerbang ke arah keringanan digital di saat-saat kedepan. Reputasinya terus melesat sesudah CEO Facebook, Mark Zuckerberg mengganti nama perusahaannya menjadi Meta Platforms Inc, atau secara singkat Meta.

Metaverse juga sebenarnya belum juga dapat diterangkan dengan detil. Masalahnya dia masih dipandang seperti sebuah ide. Tetapi, ingat ada tiga miliar pemakai Facebook yang sekarang beralih menjadi Meta, Mark Zuckerberg mengutarakan makna dan beberapa feature dalam metaverse.

Apa Itu Metaverse?

Baik, kami akan mencoba menjawab pertanyyan tentang apa itu metaverse. Walaupun metaverse sendiri sebenarnya baru terkenal akhir-akhir ini, metaverse sebenarnya ialah sebuah istilah yang telah lama dibuat. Dia pertama kalinya dipakai di tahun 1992 oleh Neal Stephenson dalam novelnya yang bertema “Snow Jatuh”.

Menurut CNBC, istilah itu mengarah di dunia virtual berbasiskan 3D yang ditempati oleh avatar dari pemakai betulan. Meski begitu, arti dari istilah itu tidak dapat diartikan secara universal. Karena, sama seperti yang telah Lentera Inspirasi uraikan, selama ini metaverse masih juga dalam wujud ide.

Merilis Times, jika ingin diartikan, kira saja metaverse sebagai dunia internet yang didatangkan berbentuk 3D dan virtual. Sebagai CEO Meta, Mark Zuckerberg sendiri memvisualisasikan metaverse sebagai dunia virtual yang dapat dimasuki oleh pemakainya. Maka bukannya cuma menyaksikan monitor, kamu yang memakai metaverse dapat rasakan kehidupan di Meta dengan “masuk” ke lingkungannya.

Bila disingkat, metaverse sebagai komune virtual yang sama-sama tersambung dan tidak mempunyai ujung. Didalamnya, pemakai bisa bekerja, bergaul, berbelanja, sampai bermain dengan memakai tehnologi khusus. Beberapa tehnologi ini meliputi earphone virtual reality, kacamata augmented reality, dan program khusus dari handphone dan atau piranti yang lain.

Deskripsi simpel yang diutarakan oleh Zuckerberg mengenai metaverse ialah seperangkatan ruangan virtual, tempat pemakai dapat membuat dan menelusuri dunia dengan pemakai internet yang lain. Pemakai juga tak perlu ada pada ruangan fisik yang serupa sama orang lain. Mereka perlu “masuk” ke dunia metaverse.

Apakah Metaverse Hanya untuk Facebook?

Sama seperti yang telah Kami terangkan, metaverse ialah ide dunia virtual yang bisa digunakan warga di saat-saat kedepan. Tetapi, apa dunia digital ini cuma dapat dipakai untuk pemakai Facebook atau Meta? Menurut situs USA Today, metaverse sangat penting untuk diperlebar supaya pemakai dapat menelusuri dunia secara betulan. Dia harus juga bekerja bersama dengan banyak beberapa perusahaan agar pemakai kelak dapat berhubungan, berbelanja, dan jualan didalamnya.

Baca Juga   7 CMS Terbaik Untuk Website Anda 2022

 

apa yang dimaksud dengan metaverse

 

Oleh karena itu, Meta sekarang sudah merajut jalinan kerja-sama dengan banyak beberapa perusahaan terkenal untuk penuhi dunia metaverse. Sebagai contoh, perusahaan game terkenal, Epic Game, telah ambil peranan dan kumpulkan 1 miliar dolar AS dari investor untuk menolong gagasan periode panjang membuat metaverse. Brand-brand baju kelas dunia seperti Gucci juga lakukan kerjasama dengan game Roblox untuk jual koleksi aksesori khusus digital dalam metaverse.

Coca-Cola dan Clinique juga jual token digital sebagai batu loncatan ke arah metaverse. Faksi Facebook memberi pengakuan jika metaverse bukan produk tunggal yang cuma bisa dibuat oleh satu perusahaan. Malah, metaverse ialah produk yang sama seperti internet. Lepas dari kehadiran Facebook, metaverse tetap ada dan diperlebar.

 

Apa Saja yang Bisa Dilakukan dalam Metaverse?

Nach, sebagai dunia virtual, metaverse ialah sebuah lingkungan yang sediakan banyak pilihan aktivitas untuk pemakainya. Ini kelihatan dari ide Meta dan Mark Zuckerberg untuk merajut jalinan kerja-sama dengan banyak beberapa perusahaan terkenal. Tetapi, tidak tertaut dengan kampanye perusahaan, ada beberapa kegiatan yang lain dapat dilaksanakan warga pemula pada basis ini. Berikut daftar dan penuturannya.

1. Konser virtual

Salah satunya hal yang dapat kamu kerjakan dalam metaverse ialah melihat konser virtual. Sama seperti yang telah Lentera  Inspirasi terangkan, warga dapat lakukan aktivitas di luar kampanye perusahaan. Satu diantaranya ialah melihat konser virtual yang diadakan di dalam lingkungan metaverse. Idenya nyaris sama dengan melihat konser langsung. Dengan kontribusi tehnologi, kamu akan rasakan situasi orisinal konser bersama pemakai lain dalam metaverse. Menarik kan?

2. Melihat serta membeli karya seni dan pakaian

Hal yang lain yang dapat kerjakan dalam metaverse ialah menyaksikan dan beli kreasi seni dan baju. Menurut Wired, mekanisme jual-beli kreasi seni dalam metaverse datang berbentuk NFT. Pemakai kelak dapat menyaksikan dan beli hak pemilikan kreasi seni dari perusahaan atau seniman bila mereka tertarik.

Tidak itu saja, pemakai bisa juga coba dan beli baju langsung dari perusahaan. Baju ini nanti bisa dipakai oleh avatar atau diperlihatkan pada account sosial media sang konsumen. Ide baju ini disebutkan sebagai digital mode, dan mulai diperjualbelikan oleh beberapa perusahaan baju terkenal.

3. Main game

Untuk pemakai yang suka bermain game, metaverse menjadi basis yang cukup membahagiakan. Karena, banyak beberapa perusahaan video game terkenal yang telah bekerja bersama dengan perusahaan punya Mark Zuckerberg itu. Didalamnya, kamu dapat nikmati macam permainan dari perusahaan seperti Epic Game yang keluarkan Fortnite.

Baca Juga   Backlink : Pengertian, Manfaat & Cara Mendapatkannya

Untuk bermain, kamu membutuhkan tehnologi khusus seperti oculus rift supaya bisa “masuk” ke dunia virtual metaverse.

4. Bekerja

Paling akhir, metaverse ialah sebuah basis yang bisa dipakai perusahaan dan pemakai untuk bekerja. Merilis CNBC, metaverse menjadi hal baru untuk karyawan yang terjerat dengan mekanisme shift kerja work from home di tengah-tengah wabah Covid-19. Tidak sekedar bisa menyaksikan rekanan kerja dan atasan seperti program rapat online, pegawai langsung bisa tergabung bersama di kantor virtual metaverse. Facebook sendiri bahkan juga sudah mengeluarkan software rapat untuk metaverse yang disebutkan dengan Horizon Workrooms. Dia dapat dipakai dengan earphone VR, kacamata AR, dan oculus rift agar karyawan dapat berasa seperti di kantor betulan.

Menurut Augustman, banyak pengalaman yang lain yang bisa digunakan oleh pemakai dalam metaverse. Ini akan diprioritaskan karena Meta ingin sediakan pengalaman pemakaian terbaik untuk warga dan perusahaan. Pemakai nanti akan mempunyai kekuatan berteleportasi dari 1 pengalaman ke pengalaman yang lain. Karena, beberapa perusahaan akan terus bekerja bersama dan cari langkah untuk dapat menyambungkan basis keduanya dalam metaverse.

 

Baca juga : 7 CMS Terbaik Untuk Website Anda 2022

 

Cara Kerja Metaverse

metaverse ialah serba-serbi dunia internet yang didatangkan dalam sebuah basis virtual. Pemakai juga bisa lakukan bermacam kegiatan pada basis itu, dimulai dari investasi sampai melaksanaan tugas secara remote, seperti di dunia riil. Meski begitu, agar dapat masuk ke dunia virtual metaverse, ada banyak hal yang penting kamu siapkan.

Pertama kali, metaverse tidak akan pernah dapat terlepas dari internet sebagai akses intinya. Hal itu disokong oleh perubahan tehnologi yang sekarang makin hebat. Disamping itu, proses kerja dalam metaverse perlu disokong oleh beragam piranti kekinian yang oke, seperti earphone dan kacamata AR atau VR. Kehadiran dua piranti ini sebuah hal yang penting dipunyai bila kamu ingin bergelut di dunia metaverse yang telah serba virtual dan memakai mekanisme AR dan 3D.

Dalam perubahan metaverse sendiri, bermacam produk yang mendukung mekanisme augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) mempunyai potensi untuk dipakai. Hal tersebut seperti tangan robot atau kacamata VR berteknologi tinggi. Beragam opsi piranti ini nanti dibutuhkan pemakai untuk membikin kegiatan di metaverse makin berasa riil dan gampang dilakukan.

 

Itulah penjabaran singkat dari kami mengenai apa itu metaverse, dimulai dari pengertian, langkah kerja, sampai pilihan aktivitas didalamnya. Pokoknya, metaverse ialah ide dunia virtual yang hendak jadi masa datang dari kemutakhiran internet.

Dia digadangkan bisa menjadi dunia digital khusus di periode kedepan dan akan selekasnya launching di awal tahun 2022 ini. Oleh karena itu, sebagai karyawan professional, janganlah sampai kamu ketinggal dan tidak kuasai basis satu ini.